KONSEP KESEHATAN ALAMI

KHASIAT ILALANG BAGI KESEHATAN TUBUH

Ilalang merupakan rumput yang memiliki struktur bagian yang sangat unik di bandingkan dengan rumput lainya. Ilalang merupakan tumbuhan yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Daya tumbuh pada ilalang ini di dukung dengan karena memiliki daya produksi secara vegetative dan generative yang sangat seder hana dan efisien.
 
Ilalang memiliki nama Ilmuiah atau nama latin Imperata cylindrica, ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. 

ILALANG BAGI KESEHATAN TUBUH

Ilalang yang memiliki nama ilmiah impera cylindrical ini memiliki kandungan kimia seperti asam malic, glukosa, asam sitrat, arundoin, coixol, silindrin, simiarenol, fernerol, aneminon, semiarenoln, esin, saponin, alkali, polofenol, san tannin. Semua manfaat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami dan sehat secara luar dan dalam.

Menurut  hasil penelitian para ahli tanaman, ada banyak kandungan kimiawi yang terdapat di dalam akar dan batang tanaman alang-alang. Tanaman rumput ini memiliki kandungan glukosa, mengandung malic acid, terdapat kandungan citric acid. Selain itu pada akar alang-alang juga terdapat kandungan kimia coixol, arundoin, cylindrin, fermenol, simiarenol serta kandungan anemonin. Bagian tanaman alang-alang yang sering gunakan untuk pengobatan adalah bagaian akar(rimpang), bagian daun serta bagian bunganya.
 
Masyarakat di pedalaman Indonesia bagian timur dan di Pulau Dewata memanfaatkan daun ilalang yang telah dikeringkan sebagai bahan atap rumah. Selain itu, masyarakat juga sering menggunakan daun alang-alang sebagai pelindung lahan pertanian yang disebut mulsa. 

Sedangkan malai dari bunga alang-alang yang berserat halus dapat dijadikan sebagai pengganti kapuk untuk mengisi bantal atau kasur untuk alas tidur yang empuk. Dan yang tak kalah pentingnya, akar ilalang di gunakan sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan yaitu digunakan sebagai obat tradisional.  Jadi tak heran jika pada zaman modern ini ilalalng di gunakan sebagai bahan alami pembuatan minuman yang sangat di gemari oleh para konsumen dari kalangan umur yang berfariasi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment