KONSEP KESEHATAN ALAMI

IKAN LELE PENTING BAGI KESEHATAN TUBUH

Ikan yang merupakan bahan makanan penting sebagai sumber zat gizi. Serta mengandung protein tinggi, yaitu rata-rata 20 persen. Protein ikan adalah protein yang istimewa karena bukan hanya berfungsi sebagai penambah jumlah protein yang dikonsumsi, tetapi juga sebagai pelengkap mutu protein dalam menu. Protein ikan mengandung semua asam amino esensial lisin, leusin dan metionin yang lebih tinggi dibanding protein susu dan daging.
 
Ikan lele atau dalam bahasa latinnya Clarias sering di jumpai di setiap warung makan yang khusunya di daerah Indonesia. Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang paling banyak di budidayakan, jenis ikan lele yang paling banyak di budidayakan adalah jenis ikan lele dumbo. Ikan lele dumbo berasal dari daerah Afrika.


Ikan lele sangat terkenal dengan kandungan momega 3 yang ada didalamnya, selain kandungan omega 3, ikan ini juga memiliki kandungan omega 6, jadi jika anda ingin mendapatkan asupan omega 3 dan 6 anda tidak perlu khawatir karena ada alternative ikan murah yang mengandung omega 3 dan omega 6 yang terdapat didalam ikan lele.


IKAN LELE PENTING BAGI KESEHATAN TUBUH


Berdasarkan kajian ilmiah ikan lele memiliki kandungan protein yang cukup tinggi didalamnya yaitu sekitar 17%,tak hanya itu ikan ini juga memiliki berbagai macam asam lemak,esensial yang dapat mencukupi kabutuhan akan asam lemak harian kita sekitar 9%. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara dalam dan luar.

Ketika dimasak (panas kering), lele liar memberikan 0,333 gram omega-3 asam lemak, berasal dari EPA (0.1g), DHA (0.137g), dan ALA (0.096g), per 100 gram ikan lele liar. Ketika dimasak (panas kering), lele budidaya memberikan 0,259 gram omega-3 asam lemak, berasal dari EPA (0.049g), DHA (0,128), dan ALA (0.082g). semua kandungan inilah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit

Di dalam ikan lele juga memiliki kandungan mineral fosfor berperan aktif pada pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan mineral fosfor sangat berbahaya bagi tubuh. Pasalnya, seseorang dapat menderita tulang keropos yang dapat berujung pada kelumpuhan jika kekurangan konsumsi zat ini. Jadi ikan lele sangat baik di komsusi pada balita sebagai perangsang pertumbuhan tulang dan pertumbuhan gigi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment