KONSEP KESEHATAN ALAMI

XYLITOL BAGI KESEHATAN TUBUH

Xylitol adalah senyawa kimia organik yang digunakan sebagai pemanis buatan pengganti gula. Rumus kimia xylitol adalah (CHOH)3(CH2OH)2. Gula alkohol ini dapat dijumpai secara alami pada berbagai buah dan sayuran.

Penelitian di Finlandia mengemukakan bahwa xylitol dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menjadi salah satu senyawa yang mampu melawan osteoporosis. Kemampuan pemanis ini terlihat dari kemampuan mengembalikan kepadatan tulang meskipun tanpa adanya estrogen yang memberikan kepadatan pada tulang.

Xylitol sebenarnya telah ditemukan pada abad ke-19 oleh ahli kimia di Jerman dan Perancis, tapi belum dalam bentuk murni hingga tahun 1930an. Xylitol diketahui sebagai bahan alami yang mampu meningkatkan aktifitas neutrofil sel darah putih yang berguna untuk melawan berbagai infeksi. Selain itu, infeksi oral jamur Candida juga mampu dicegah oleh xylito.

 XYLITOL BAGI KESEHATAN TUBUH


Tingkat kemanisan xylitol yang setara dengan sukrosa (gula dapur) membuatnya banyak digunakan sebagai pemanis produk makanan dan confectionary. Kelebihannya dibanding sukrosa adalah energinya yang lebih rendah, yaitu hanya 2.4 kalori/gram dibanding dengan sukrosa yang mencapai 4 kalori/gram. Xylitol juga memiliki kelarutan yang sangat baik di dalam air dan menimbulkan sensasi dingin ketika larut di mulut sehingga banyak digunakan pada produk permen mint, permen karet, dan pasta gigi.

Bahkan didaerah Eropa, xylitol semakin marak tidak hanya sebagai pengganti gula seperti dalam kandungan permen karet, namun juga sebagai pengobatan dan perbaikan jaringan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi dari penyakit kronis dan juga memiliki manfaat anti penuaan. Sehingga xylitol juga dipergunakan dalam kandungan pasta gigi, obat tablet, gula pengganti, bahkan nasal spray.

Manfaat xylitol selanjutnya yakni sebagai antibakteri. Aplikasi kimia dasar dalam xylitol yakni sebagai agen alkalizing yang sangat berguna dalam mengurangi keasaman dan meningkatkan alkalinitas dalam mulut dan tubuh manusia. Alkalinitas merupakan kondisi yang tak baik untuk bakteri, sehingga bakteri tak bisa tumbuh dalam kondisi ini. Xylitol telah diakui dengan kemampuannya yang bisa menghilangkan infeksi bakteri serta koloninya pada seluruh tubuh.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment