KONSEP KESEHATAN ALAMI

KAWAT GIGI BUKAN SOLUSI CANTIK UNTUK KESEHATAN

Pada kalang remaja tentu sudah tak elok lagi dengan pengaruh zaman yang sangat modern dan klasik ini. Kawat gigi atau behel tentu sangat fameliar sekali di kalangan saat ini. Banyak para kalangan yang melakuakan hal ini sebagai hal yang sangat umum. Behel atau kawat gigi memang bertujuan baik jika memang di pasang dan di sarankan oleh dokter spesialis. Tetapi akan menyebabkan bahaya jika hanya di lakukan sebagai gaya.
 
Di Indonesia, penggunaan kawat gigi baru dimulai pada 1980-an dan semakin popular pada awal 2000-an hingga sekarang. Artinya, mengenakan behel sudah menjadi tren di semua lapisan masayarakat. Baik usia tua, muda, bahkan dikalangan anak-anak.

Kawat gigi adalah jenis perawatan ortodonti, atau pengobatan yang ditujukan untuk kesehatan dalam dan luar tubuh khususnya mengoreksi letak dan kesehatan gigi yang tidak beraturan atau menyesuaikan rahang atas dan bawah.


KAWAT GIGI BUKAN SOLUSI CANTIK UNTUK KESEHATAN


Kawat gigi logam mengandung berbagai logam, termasuk nikel, tembaga dan kromium. Sekitar 30 persen pasien ortodontik dari semua pasien ortodontik lainnya memiliki alergi terhadap logam ini yang dapat menyebabkan rasa sakit dan telinga tersumbat.Selain itu, pasien yang tidak memiliki alergi sebelum mereka memakai kawat gigi berpotensi terkena alergi setelah mereka memakainya. Untungnya, alergi terhadap nikel, tembaga dan kadmium umumnya ringan dan mudah diobati dengan mengubah jenis logam yang digunakan dalam kawat gigi.

Kawat logam yang dipasang pada gigi sering berbenturan dan dapat menyebabkan luka kecil pada bibir dan bagian dalam pipi. Dalam aktivitas seksual seperti seks oral atau bahkan berciuman, luka kecil di dalam mulut akan menyediakan jalan masuk untuk penyakit, termasuk hepatitis dan HIV, memasuki aliran darah. Penyakit HIV sangatlah bahaya terhadap tubuh kita. Karena penyakit ini merupakan penyakit pembunuh no satu dalam kesehatan. Jadi untuk yang coba-coba menggunakan behel mohon di perhatikan. Karena pencegahan penyakit HIV secara alami adalah dengan cara anda tidak coba-coba dengan kesehatan anda.

Penularan penyakit Memasang behel di tukang gigi yang tidak berijin resmi atau illegal semakin menambah buruk resiko terkena penyakit menular. Ini disebabkan alat-alat yang digunakan belum terjamin kebersihannya, apalagi langsung bersentuhan dengan mulut. Muncul kuman dan bakteri Karena susah dibersihkan, kuman dan bakteri akan mudah sekali hidup di mulut. Kuman akan mudah sekali terselip di sela-sela behel dan karetnya, jika tidak rajin memakai obat kumur mulut. Kuman dan bakteri banyak hidup di mulut, maka akan timbul bau mulut. Apalagi kondisi gigi sulit untuk dibersihkan karena ada kawat gigi tersebut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment