KONSEP KESEHATAN ALAMI

MANFAAT UBI JALAR UNTUK KESEHATAN TUBUH

Ubi jalar sering ditemui sebagai makanan yanag dikonsumsi seperti cemilan. Ubi jalar juga mudah ditemukan dipasar-pasar tradisonal ataupun pasar moderen. Ubi jalan mempunyai varientas yang sangat beragam dan unik. Ubi jalar mempunyai warna daging putih, arange, kuning dan ungu. Mengkonsumsi buah-buahan seperti ubi jalar berfungsi sebagai penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang merugikan.

Ubi jalar adalah sumber yang kaya flavonoid, vitamin, mineral, dan serat makanan yang penting untuk kesehatan yang optimal. Tanaman ubi jalar termasuk dalam keluarga tanaman Convolvulaceae, dan dengan nama botanikalnya adalah Ipomoea batatas. Semua bagian dari ubi jalar bisa di manfaatkan baik daun maupun buahnya.
 
MANFAAT UBI JALAR UNTUK KESEHATAN TUBUH

Umbi jalar merupakan sumber senyawa fenolik flavonoid,  seperti beta-karoten dan vitamin A (100 g umbi menyediakan 14.187 IU vitamin A dan 8509 ug ÃŽ²-karoten). Vitamin A juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga integritas selaput lendir dan kulit yang sehat. Juga nutrisi yang penting bagi ketajaman penglihatan. Konsumsi bahan alami yang kaya akan flavonoid membantu melindungi dari kanker.

Bagi wanita yang masih subur, mengkonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber tanaman dapat mempengaruhi kesuburan, menurut Harvard Medical School Harvard Health Publications. Vitamin A dalam ubi jalar (dikonsumsi sebagai beta karoten, kemudian dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh) karena bahan alami sangat penting selama kehamilan dan menyusui untuk sintesis hormon.

Ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks disertai vitamin dan mineral yang mudah dicerna. Oleh sebab itu, ubi jalar merupakan sumber energi dan efektif untuk membangun otot. Tak hanya itu, Ubi jalar efektif menghentikan ketergantungan pada rokok, minuman beralkohol, serta narkotika tertentu. Selain itu, ubi jalar sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah vena dan arteri.

Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada ubi jalar juga memiliki banyak fungsi. Fungsi dari vitamin B6 pada ubi jalar membantu mencegah penumpukan homosistein dalam darah.Hal yang sangat mengherankan. Dalam sebuah studi penelitian, ubi jalar tergolong panganan yang istimewa sampai-sampai mengalahkan kandungan yang terdapat dalam wortel mentah. Seperti yang dilansir oleh terbitan Nort Carolina Sweet Potato Commission dalam 58 jenis sayuran yang diteliti ubi jalarlah yang merupakan panganan terbaik. Salah satunya kandungan yang terdapat dalam ubu jalar ialah biotin vitamin C, B2, B6, D, serta vitamin C.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment