KONSEP KESEHATAN ALAMI

KOLESTROL ANCAM KESEHATAN

Kolesterol LDL, adalah kolesterol jahat, yang bila jumlahnya berlebih di dalam darah akan diendapkan pada dinding pembuluh darah membentuk bekuan yang dapat menyumbat pembulun darah. Kolesterol HDL, adalah kolesterol baik, yang mempunyai fungsi membersihkan pembuluh darah dari kolesterol LDL yang berlebihan.
 
Kolesterol merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit kardiovaskular, khususnya kolesterol "jahat" yang dikenal dengan istilah low density lipoprotein (LDL). Kolesterol "jahat" akan membuat plak di pembuluh darah yang lama-lama akan menyumbat aliran darah yang membuat pembuluh darah rentan pecah.


KOLESTROL ANCAM KESEHATAN

Kadar trigliserida yang tinggi akan memperburuk risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah jantung dan otak, jika bersamaan dengan didapatkan kadar kolesterol LDL yang tinggi dan kadar kolesterol HDL yang rendah. Setiap orang memiliki kolesterol di dalam darahnya, di mana 80% diproduksi oleh tubuh sendiri dan 20% berasal dari makanan. Karena makan yang sehat sangat lah berpengaruh dalam penyakit ini. Karena asupan dari makan dapat membuat dan menambah kesehatan tubuh secara optimal dan menangkal penyakit merugikan pada tubuh.

Tubuh memiliki kadar koilestrol yang harus normal dan stabil. Karena jika melebih kadar akan mengakibatkan penyakit seperti kolestrol tinggi., adapaun kadar kolestrol pada tubuh kita Kolesterol total < 200 mg/dl, Kolesterol HDL 35 – 65 mg/dl, Kolesterol LDL < 150 mg/dl, Trigliserida < 200 mg/dl dan Ratio kolesterol total : kolesterol HDL < 5.

Dari beberapa faktor makanan, asupan lemak merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Lemak merupakan bahan makanan yang sangat penting, bila kita tidak makan lemak yang cukup maka tenaga kita akan berkurang, tetapi bila kita makan lemak yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah

Dengan mengkomnsumsi makan yang sehat dan bergizi akan membuat kita terutama tubuh kita akan terhindar dari penyakit seperti kolestrol. Secara kesehatan penyakit ini hanya di sebabkan oleh factor makan yang kurang kita jaga dan kita control. Cara menjaga kesehatan tubuh secara alami dan utuh adalah dengan menjaga pola makan dan kebersihan makanan. 

Menurut Dr Antonia A. Lukito, Sp.JP-FIHA, selama ini banyak sekali pasien yang pertama kali memeriksakan diri ke dokter sudah dalam kondisi dengan serangan jantung. Padahal, pada kondisi seperti ini upaya pemulihan bisa menjadi lebih sulit. "Jika kondisinya seperti ini biasanya yang utama kita lakukan adalah menghilangkan gejala dengan mencegah serangan berulang," ujar Dr. Antonia.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment