KONSEP KESEHATAN ALAMI

BAHAYA PENYEDAP RASA (MSG) BAGI KESEHATAN

Di Indonesia sudah beredar bermacam-¬macam merek “penyedap masakan”. Ada Ajinomoto, buatan Jepang. Miwon dari Korea, Vetsin keluaran Taiwan, Sasa yang datangnya dari Hongkong dan beberapa merek lagi yang kesemuanya ada 9 merek. Tapi di masyarakat kita sering disebut Vetsin saja. Pada sidang CODEX ALIMENTARY COMMISSION (CAC) tahun 1970 menyebutkan bahwa MSG berupa makanan sehari-hari, bisa dipakai paling banyak 6 mg/kg berat badan manusia dewasa. Jadi kalau berat hadannya 50kg, seharinya tidak boleh lebih dari 2 gram.


Fakta terbanyak masyarakat banyak menggunakan penyedap rasa semua itu terlihat dari para konsumen yang merasa masakannya kurang lezat apabila menggunakan sedikit bumbu masak. Terutama pada ibu-ibu, penyedap rasa memberi banyak aroma sedap untuk masakan bahkan rasanya pun menjadi khas dan enak. Pada hal rasa sedap yang di timbulkan akan menyebabkan berabagai penyakit. Untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit tubuh lainya kita wajib menghidari soal ini untuk kita komsumsi. 


BAHAYA PENYEDAP RASA (MSG) BAGI KESEHATAN


Selain menyebabkan lambatnya pertumbuhan pada anak, penyedap rasa juga membuat daya tubuh pada anak sangat lemah. Sebaiknya himbauan para ahli medis di dengarkan dan diterapkan karena ini untuk kebaikan semua umat. Minimal dengan cara meminimalkan penggunaan bumbu masak atau penyedap rasa buatan pabrik yang mengandung zat kimia dan zat pengawet. Karena zat kimia sangat tidak baik untuk kesehatn tubuh. Bahan alamilah yang baik untuk kesehatan tubuh yang membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Konsumsi MSG juga bisa meningkatkan rasa gugup, mati rasa, kesemutan atau sensasi terbakar di wajah dan leher. Orang yang banyak mengonsumsi MSG lebih sering mengantuk dan tubuhnya lemak. Selain itu, MSG juga meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson, Alzheimer, dan sclerosis.

Walaupun sudah diketahui efek buruk dari MSG, namun belum banyak penelitian yang mendukung studi ini. Sebagai bukti reaksi negatif pemakaian MSG, dapat diketahui dari orang yang mengonsumsi zat aditif ini selama bertahun-tahun. Banyak di antara mereka yang mengeluh sakit kepala, mual, jantung berdebar-debar, berkeringat, mati rasa, dan kelelahan. Beberapa reaksi tersebut dikenal dengan gejala kompleks MSG.

Menjauhi atau mengurangi penyedap rasa itu adalah hal yang penting bagi masyarakat terutama pada anak-anak, karena penyedap rasa dapat menghambat pertumbuhan anak dan daya tahan tubuh anak. Penyedap rasa memberi dampak yang negatif pada kesehatan tubuh anak-anak. Bahaya yang terdapat pada penyedap rasa juga mengakibatkan pertumbuhan anak-anak menjadi terhambat karena bahan-bahan kimia yang terdapat pada penyedap rasa.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment