KONSEP KESEHATAN ALAMI

SEJUTA MANFAAT DAUN SALAM BAGI KESEHATAN


Daun salam biasanya menjadi salah satu bumbu penyedap bagi masakan. Daun salam biasanya dicampurkan pada masakan dalam bentuk kering ataupun masih segar. Salam memang menjadi teman dapur bagi ibu rumah-rumah tangga, namun daun salam merupakan tanaman herbal yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan sebagai tanaman obat, bahkan untuk kecantikan.

Manfaat daun salam tidak hanya digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan saja, namun juga dapat dijadikan obat tradisional mencegah sekaligus menyembuhkan beberapa penyakit yang ada di tubuh. Manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak, diantaranya dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Daun salam memiliki kandungan vitamin A, vitamin B yang kompleks dan vitamin C yang cukup tinggi serta terdapat pula kalsium, zat besi, minyak atsiri, eugenol, sitral, flavonoida dan tannin. Daun salam dipercaya dapat mengobati diare dan gangguan dalam system pencernaan. Adanya enzim di dalam daun salam yang membantu memperbaiki kerusakan pada system pencernaan.


 SEJUTA MANFAAT DAUN SALAM BAGI KESEHATAN


Dalam bidang kecantikan daun salam juga memiliki fungsi seperti melangsingkan tubuh. Tak hanya itu juga daun salam juga baik untuk penderita penyakit magg yang sering kita alami. Karena daun salam mengandung bahan alami seperti minyak esensial mengandung eugenol dan metil kavikol, ekstrak etanol sebagai anti-jamur serta anti-bakter, ekstrak metanol sebagai anti-cacin dan kandungan kimia daun salam meliputi flavonoida, tannin dan minyak atsiri yang membantu mencegah magg dan mengatasinya. 

Kandungan vitamin bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Serta kandungan zat tanin dan flavonoida yang cukup tinggi dalam daun salam memungkinkannya untuk menjadi obat herbal bagi penderita hipertensi.

Mengatasi hipertensi atau darah tinggi, yaitu dengan mengolah daun salam menjadi teh dengan cara cuci 10 lembar daun salam (kering atau basah), rebus dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa 1 gelas air saja. Minum secara teratur satu kali sehari.

Selain mendapatkan kesembuhan dari penyakit hipertensi kita juga dapat manfaat lain dengan meningkatkan daya tahan tubuh, jika daya tahan tubuh kita lemah maka akan rentan terserang penyakit. Adanya kandungan vitamin yang terkandung dalam daun salam ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyaki
Previous
Next Post »
Thanks for your comment