KONSEP KESEHATAN ALAMI

BAHAYA PEMBERSIH KEWANITAAN BAGI KESEHATAN

Cewek memang mesti rajin menjaga kebersihan diri. Termasuk menjaga kebersihan di sekitar area vagina (V) kita. Dan sekarang ini, banyak  produk cairan pembersih yang dijual bebas di pasaran dengan iming-iming selain bisa membersihkan area V kita juga dapat memberikan evek yang berlebih. Hal ini tentu sangat membuat para wanita menjadi girang untuk mendapatkan produk itu.

Pemakaian sabun yang tidak sesuai menyebabkan suasana asam basa vagina berubah. Perubahan lingkungan dalam organ intim ini menyebabkan kuman yang mestinya normal justru menjadi lebih banyak pertumbuhannya. Kuman yang seharusnya tidak ada justru timbul karena daya tahan vagina berubah. Hal ini terjadi akibat perubahan asam basa yang dipicu penggunaan pembersih tidak semestinya.


BAHAYA PEMBERSIH KEWANITAAN BAGI KESEHATAN


Seperti diungkap dokter Boy Abidin SpOG, penyakit radang panggul disebabkan bakteri yang dapat bergerak naik dari vagina atau serviks ke organ panggul. Boy mengakui kemungkinan risiko itu. Menurutnya, douching yang berlebihan menyebabkan tidak ada lagi penghalang kuman. ''Sehingga infeksi naik ke atas,''

Bakteri vaginosis adalah suatu kondisi yang terjadi karena pertumbuhan berlebih dari bakteri tertentu dalam vagina perempuan. Infeksi bakteri ini lebih sering terjadi pada perempuan pada usia subur. Kadang-kadang, infeksi juga dapat disertai dengan keputihan, gatal dan terbakar atau rasa sakit. Meskipun bakteri vaginosis tidak menimbulkan efek mematikan.

Cara Membersihkan Vagina Yang Baik dan Benar secara alami adalah mandi setiap hari minimal 2 (dua) x sehari. Tubuh dapat berkeringat dan begitu pun vagina berkeringat seperti bagian tubuh lainnya. Sehingga diharuskan membersihkan vagina selagi mandi, selain itu biasakan diri untuk membersihkan vagina setiap kali selesai melakukan hubungan seksual atau intim. Hal ini akan mencegah terjadinya infeksi dan peradangan pada vagina anda.

Makan makanan yang bergizi adalah salah satu hal yang turut berperan untuk merawat vagina tetap sehat secara luar dan dalam secara alami. Dengan mengurangi konsumsi gula akan berdampak untuk mengurangi perkembangbiakan bakteri jahat pada vagina. Sementara mengkonsumsi yoghurt sangat disarankan, karena yoghurt mengandung bakteri baik yang disebut acidophilus.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment