KONSEP KESEHATAN ALAMI

BAHAYA BAKTERI PADA BUAH APEL KESEHATAN


Apel merupakan buah yang banyak mengandung asupan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. pel banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimia, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lain-lain. Zat inilah yang sangat diperlukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit.

Untuk menjaga kesehatan tubuh secara luar dan dalam serta mempercantik diri, apel sring menjadi solusi untuk di komsumsi dari pada buah yang lainya. Ini juga dapat di lihat pada keadaan yang sekarang ini. 

Buah apel sebagai salah satu buah-buahan yang memilik ketergantungan pada impor merupakan komoditas yang paling banyak dibutuhkan masyarakat, hal ini bisa dilihat dari tingginya nilai impor buah apel dibandingkan dengan buah impor lainnya seperti jeruk mandarin, pir, anggur, jeruk orange, durian dan buah segar lainnya.


BAHAYA BAKTERI PADA BUAH APEL KESEHATAN


 Apel impor dari Amerika Serikat, apel granny smith dan gala, tengah menjadi buah bibir. Keduanya disebut sebagai apel berbakteri Listeria monocytogenes yang sangat berbahaya. Menurut kabar yang beredar, sudah 7 nyawa terengguh karena bakteri tersebut. 

Pada mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, lanjut Subuh, bakteri Listeria dapat menyerang saraf pusat dan menyebabkan meningitis atau infeksi otak. Gejala yang mungkin bisa kenali antara lain: demam, nyeri otot, dan mual hingga diare.

Listeria monocytogenes merupakan salah satu penyebab penyakit yang serius dengan tingkat kematian  sekitar 20-30 persen. Tingkat kematian di antara bayi yang baru lahir yang terinfeksi L. monocytogenes adalah 25-50 persen. Gejala Listeriosis dapat muncul kapan saja antara 3-70 hari pasca infeksi bakteri Listeria, rata-rata biasanya sekitar 21 hari. 

Bakteri Listeria monocytogenes termasuk yang kerap menempel di kulit apel, bila masuk pencernaan bisa membuat otot kejang, bahkan diare. Asal bakteri ini bisa dari mana saja, termasuk terkontaminasi sejak ada di perkebunan. Selain itu, bisa juga proses pencemaran terjadi dari air saat proses pencucian.

Bakteri ini juga bisa saja bertahan pada makanan olahan yang berasal dari apel, hal ini terkait proses pengolahannya yang tak sempurna. Untuk itu kita harus memperhatikan segala sesuatu yang kita komsumsi. Menjaga dan merawat tubuh agar terhidar dari bakteri jahat yang merusak tubuh adalah dengan mengkomsumsi asupan yang baik untuk tubuh. Harga tidak menjamin, yang menjami kesehatan adalah kebersihan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment