KONSEP KESEHATAN ALAMI

PENYAKIT SINUSITIS BAGI KESEHATAN

Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Sinusitis banyak ditemukan pada penderita hay fever yang mana pada penderita ini terjadi pilek menahun akibat dari alergi terhadap debu dan sari bunga. Sinusitis juga dapat disebabkan oleh bahan-bahan iritan. Seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung serta bahan bahan kimia lainnya yang masuk melalui hidung. Jangan dilupakan kalau sinusitis juga bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Sinusitis subakut bila lamanya penyakit antara 1 bulan sampai 3 bulan, sedangkan sinusitis khronis bila penyakit diderita lebih dari 3 bulan. Sinusitis infeksi biasanya disebabkan oleh virus walau pada beberapa kasus ada pula yang disebabkan oleh bakteri.

Pada awalnya lendir dapat dikeluarkan lewat hidung atau tenggorokkan. Namun, jika penyakitnya berlanjut karena tidak diberikan pengobatan secara benar, akan terjadi pembengkakan mukosa sinus yang menutup lubang lintasan dari sinus ke hidung dan tenggorokkan. Akibatnya nanah makin tertimbun di rongga sinus sehingga menyebabkan rasa tertekan dan nyeri pada daerah tersebut.


PENYAKIT SINUSITIS BAGI KESEHATAN

Semua akibat yang di timbulkan penyakit sinusitis ini di karena oleh bakteri yang merugikan. Semua bakteri jahat ini dapat timbul akibat cuaca, makanan, minuman dan pakaian. Untuk menjaga agar tubuh terhindar dari bakteri jahat seperti virus, jamur dan kuman yang membuat gejala penyakit adalah dengan cara hiusp dan pola hidup yang sehat serta produktif.

Penumpukan cairan dalam rongga sinus merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman. Awalnya keluhan sinusitis Anda timbul sebagai respon alergi terhadap udara / cuaca dingin, kemudian timbul infeksi pada cairan sinusnya sehingga menimbulkan bau dan warna kuning kehijauan. Ini semua diakibatkan oleh bakteri jahat. Karena banyak sekali penyakit yang di sebabkan oleh bakteri yang membahayakan tubuh. 

Dr Taupik Hidayat Sp THT dari Rumah Sakit “Bari” Palembang, mengatakan sinusitis dapat terjadi bila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Adanya demam, flu, alergi dan bahan bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia.Sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus. “
Previous
Next Post »
Thanks for your comment