KONSEP KESEHATAN ALAMI

SERAI BAGI KESEHATAN

Serai atau Sereh Adalah tumbuhan obat yang termasuk jenis rumput-rumputan. Manfaat bagi kehidupan sehari-hari dalam masyarakat biasanya digunakan sebagai rempah bumbu masakan dan juga digunakan sebagai penambah aroma serta minuman yang khas dan menghangatkan. Serai mempunyai nama ilmiah Cymbopogon citratus, serta tergolong dalam kelompok klasifikasi dari kerajaan Plantae.

Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan yang kita tahu bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kemudian, penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Serai juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah dan merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung Serai setiap harinya maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.

SERAI BAGI KESEHATAN

Kandungan Gizi / kimia pada sereh boleh dibilang sangat banyak dan bervariasi, dan beberapa diantaranya adalah : Mineral seperti (Potasium , Kalsium, Magnesium, Fosfor, Mangan, Tembaga, Seng dan Zat Besi), dan Vitamin seperti :( Vitamin A, B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin) B5 (Asam Pantotenat), B6, Asam Folat dan Vitamin C.

Sereh dapat membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tunuh yang sangat membahayakan kesehatan, karena sifat diuretiknya. Detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi  berbagai organ tubuh,  termasuk hati dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik serai akan membantu meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil, sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Tak hanya sebagi pengeluar racun pada tubuh. Sere juga sangat di butuhkan dalam bidang kecantikan. Karena Sereh juga dapat bekerja sebagai antiseptik, dan efektif mengobati infeksi seperti kurap, luka, kaki atlet, kudis dan infeksi saluran kemih yang dihubungkan dengan sifat anti-mikroba dan anti-jamur dari sereh. 

Penelitian menunjukkan bahwa serai memiliki efek penyembuhan pada infektivitas dermatologi, seperti infeksi jamur dengan jalan menghambat pertumbuhan patogen. Studi lain memberikan bukti kemanjuran sereh yang mendukung atas thyme, nilam dan minyak kayu cedar untuk mengobati berbagai penyakit seperti candidias lisan atau gatal karena jamur pada organ intim wanit
Previous
Next Post »
Thanks for your comment