KONSEP KESEHATAN ALAMI

KHASIAT DAUN RAMBUTAN BAGI KESEHATAN

Khasiat daun rambutan untuk rambut telah dipercaya sejak dulu untuk menghitamkan rambut atau mengatasi rambut yang beruban, Membahas mengenai uban, uban akan tumbuh seiring dengan bertambahnya usia yang semakin lanjut. Perubahan dari rambut yang berwarna hitam menjadi putih ini terjadi karena adanya perubahan warna dari melanin, yaitu pigmen dari rambut itu sendiri.  

Dan perubahan warna pigmen tersebut dapat terjadi karena batang rambut kekurangan asupan oksigen. Jika asupan oksigen yang dihisap melalui pembuluh darah kekurangan, maka susunan rambut menjadi tidak sempurna dan tidak sehat sehingga berpengaruh terhadap melanin (pigmen rambut) dan hal ini akan menimbulkan tumbuhnya uban.  Kandungan saponin, tanin, polifenol dan beberapa hormon yang terdapat dalam daun rambutan disinyalir sebagai zat yang dalam menghidupkan kembali warna pigmen rambut yang mati.


KHASIAT DAUN RAMBUTAN BAGI KESEHATAN


Rambutan adalah salah satu tanaman buah yang mempunyai multi guna. Semua bagian dari tanaman ini, dari kulitnya, daun, biji, bahkan akar, dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang baik untuk kesehatan tubuh. Daya tawarnya pada beberapa penyakit juga luar biasa seperti pada demam, disentri, sariawan, sampai kencing manis, bisa luntur dengan ramuan yang tepat.

Pada setiap 100 gram daging buah rambutan terkandung 84 kalori. Jika Anda mengikuti program diet 2.000 kalori, rambutan telah menyumbangkan 4,2 persen kalori harian yang Anda butuhkan. Untuk jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan tubuh bisa bervariasi, karena tergantung pada berat badan, gaya hidup, jenis kelamin, dan juga usia.Setiap 100 gram buah rambutan mengandung sekitar 40 persen dari asupan harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, daging rambutan juga mengandung sekitar 1 persen niacin atau biasa dikenal sebagai vitamin B3.

Jika ditelusuri lebih jauh, sebenarnya manfaat rambutan tidak kalah dengan buah lainnya. Kandungan vitamin dan mineral dalam rambutan pun cukup banyak, misalnya dalam 100 gr buah rambutan mengandung 18 gr karbohidrat, 58 gr vitamin, 70 kalori. Kandungan serat dalam rambutan juga tinggi yaitu 2 gr pada setiap 100 gr buah.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment