KONSEP KESEHATAN ALAMI

MANFAAT SUKUN BAGI KESEHATAN TUBUH

Pohon sukun pada umumnya memiliki batang besar dan lurus, bisa mencapai tinggi 30 meter. Tapi di daerah pedesaan tingginya biasanya hanya mencapai belasan meter saja. Sekarang dengan adanya perbanyakan klon dihasilkan pohon yang bercabang rendah dan pendek, batang yang besar berukuran 8 meter, dan akar papan yang rendah memanjang.
 
Manfaat daun sukun sepertinya belum banyak yang mengetahuinya, karena biasanya orang memanfaatkan buah sukun untuk diolah menjadi berbagai macam panganan. Buah sukun merupakan buah yang sangat nikmat, apalagi jika digoreng dengan balutan tepung. Enak dinikmati selagi masih hangat dan ditemani secangkir teh. Untuk bagian daunnya, biasanya belum banyak dimanfaatkan bahkan daunnya terkadang sampai mengering dan akhirnya hanya menjadi sampah.


MANFAAT SUKUN BAGI KESEHATAN TUBUH

Suku merupakan makan yang sering di buat menjadi keripin dan sering di buat juga sebagai kue. Suku memiliki asupan gizi dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi buah sukun secara teratur akan membuat kulit sehat baik luar maupun dalam. Menurut penelitian terbaru ditemukan antioksidan dalam buah sukun yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Dengan memakan buah sukun secara wajar seseorang akan mendapatkan kulit yang halus dan bersinar.

Bagi penderita gejala penyakit hipertensi juga dapat memanfaatkan khasiat daun sukun. Daun sukun yang berwarna kuning dan masih berada di pohon memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh yang baik untuk kesehatan tubuh luar dan dalam tubuh seperti zat phenol dan quercetin yang menurunkan tekanan darah. Daun Sukun juga dapat menyehatkan jantung, karena daun sukun sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

Penyelidikan ilmiah juga telah mengkonfirmasi kemanjuran banyak tanaman dalam mengelola kadar gula darah pernderita diabetes. Hasil riset Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menujukkan bahwa senyawa flavonoid daun sukun yang berhasil diisolasi, yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone bersifat sebagai anti diabetes yang kuat yang sangat baik untuk penderita diabetes sebagai asumsi makanan penderita diabetes.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment