KONSEP KESEHATAN ALAMI

MANFAAT BELUT BAGI KESEHATAN TULANG

Di kehidupan kita tentu kita sering mendengan tentang ikan satu ini. Selain bentunya yang sangat unik ternyata ikan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan belut adalah ikan yang banyak kita jumpai di kuliner makanan. Belut merupak ikan yang memiliki tepat tempat tinggal di dalam tanah.

Belut mempunyai kandung yang begitu banyak zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan gizinya antara lain adalah kolesterol, protein air ,sodium, kalori tinggi, vitamin A, vitamin C,Vitamin E , thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, folate, potassium, zinc, mangan, vitamin B12, asam lemak tak jenuh Omega 3, asam lemak tak jenuh total Omega 6, pantothenic acid, choline, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan selenium

MANFAAT BELUT BAGI KESEHATAN TULANG


Belut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh agat terhidar dari penyakit. Kandungan yang memiliki fungsi penting bagi pencegah penyakit seperti belut ini memberikan belut sebagai ikan yang memiliki banyak kandungan zat-zat penting bagi tubuh. Adapun kandungan belut untuk kesehatan seperti

Sumber protein yang baik
Belut  ternyata memiliki kandungan protein yang  tinggi. Kandungan protein belut adalah sebesar  18,4 g/ 100 gr daging, itu setara dengan protein daging sapi (18,8 g/ 100gr), protein belut lebih tinggi dari protein telur yang hanya sebesar(12,8 g/100 gr).

Meningkatkan kesehatan otot
Belut  juga kaya akan kandungan arginin (asam amino nonesensial) yaitu hormon yang berpengaruh terhadap pertumbuhan manusia, atau biasa disebut dengan human growth hormone (HGH). HGH inilah yang  mampu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak didalam tubuh.

Menambah Stamina
Belut, binatang yang mirip ular ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yaitu sebesar  303 kkal /100 gram daging, lebih tinggi dibanding  telur yang hanya sebesar  162 kkal/ 100 gram tanpa kulit,kandungan kalori belut  juga lebih besar dari daging sapi yang hanya sebesar 207 kkal/100 gram.

Membuat  tulang menjadi kuat
Nilai kandungan fosfor pada belut  dua kali lipat jika  dibandingkan fosfor pada telur. Tanpa adanya  fosfor, kalsium tidak mampu  membentuk massa tulang. Untuk itulah dalam jumlah tertentu fosfor sangat berguna  bagi tubuh untuk pembentukan  tulang yang kuat.

Mencegah Anemia
Kandungan zat besi  dalam belut cukup tinggi yaitu sebesar  20 mg/100 gram, jumlah ini lebih banyak dibanding dengan kandungan zat besi yang terdapat dalam telur dan daging yang hanya sebesar 2,8 mg/ 100gram. Dengan mengkonsumsi 125 gram belut setiap hari sudah  cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh, yaitu sebesar 25 mg per hari.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment