KONSEP KESEHATAN ALAMI

KETUMBAR UNTUK KESEHATAN TUBUH

Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

Dalam hala masakan banyak orang yang menggunakan bahn ketumbar untuk mengnikatkan kelezatan makanan. Ketumbar sangat bayak memiiki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena itu kita sering para ceff menggunakan ketumbar sebagai bahan campuran masakan. 

KETUMBAR UNTUK KESEHATAN TUBUH


Rasa hangat setelah mengkomsumsi ketumbar membuat ketumbar memiliki kandungan sebagai pembunuh bakteri jahat seperti virus, jamur dan kuman. Jadi dalam bidang kesehatan ketumbar sangat berperang penting bagi kesehatan. Manfaat ketumbar bagi kesehatan tubuh

Antibiotik
Ketumbar memiliki kandungan antibiotik tersebut dua kali lebih efektif untuk digunakan gentamisin, obat antibiotik dalam membunuh bakteri makanan, salmonella.

Anti kanker
Sifat anti-oksidan daun ketumbar termasuk kandungan zat beta karoten, vitamin C dan E, asam caffeic, ferulic, quercetin, kaempferold sangat baik sebagai zat yang dapat membunuh penyebab kanker.

Peradangan kulit
Cineole, salah satu dari 11 komponen minyak esensial, dan asam linoleat, keduanya merupakan zat yang terdapat dalam ketumbar, kedua zat tersebut mereka memiliki sifat antirematik dan antiartritik. Efek ketumbar juga dapat membantu pengurangan peradangan kulit.

Kesehatan kulit
Kandungan ketumbar yang sangat baik yaitu desinfektan, detoksifikasi, antiseptik, antijamur, dan sifat antioksidan daun ketumbar sangat ideal untuk membersihkan gangguan kulit seperti eksim, kekeringan dan infeksi jamur.

Darah tinggi
Interaksi ion kalsium dan kolinergik, neurotransmitter di sistem saraf perifer dan pusat, lebih umum dikenal sebagai asetilkolin. Interaksi kedua unsur pembuluh darah ini dapat mengurangi kemungkinan sejumlah kondisi kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Kolestrol
zat asam yang ada di ketumbar diantaranya adalah asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat (vitamin C-) sangat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment